Wednesday, April 28, 2010

Bitung Menuju Kota Bunga, Mungkinkah?





Kota tempat saya tinggal dijuluki kota cakalang. Kata Cakalang diambil dari nama ikan yang termasuk dalam familia scombridae (tuna). Ikan jenis ini banyak diolah di sini karena cukup banyak perusahaan baik asing maupun local, yang bergerak di bidang perikanan yang beroperasi di kota Bitung. Tak pelak lagi, hal ini membuat kedudukan kota Bitung sebagai kota industri perikanan diakui.
Namun, di balik citranya ini, kota ini juga memiliki sebuah prestasi yang cukup membanggakan bagi warganya, yaitu menyabet tropi Adipura dalam kategori kota sedang terbersih untuk ke-3 kalinya secara berturut-turut. Gelar ini sangat wajar Bitung peroleh, mengingat kota ini memang bersih dan indah karena di setiap jalan utama atau gang-gang pemukiman warga hampir tidak kita temui timbunan sampah yang menggangu pandangan kita.
Malahan, kita pasti temui taman-taman yang dihiasi bunga-bunga menawan yang ditata secara sederhana namun tetap elok dipandang, meskipun saya tidak pandai dalam hal tanaman apalagi bunga. Dengan dua prestasi kota Bitung tersebut di atas, membuat saya berpikir, kenapa kita tidak mencoba mengembangkan industri bunga di kota ini. Yang saya maksudkan di sini bukan hanya sekedar menjadi daerah sentra penghasil bunga seperti yang sudah dilakukan daerah tetangga Bitung, yaitu kota Tomohon, tapi bagaimana mengolahnya menjadi sebuah industri yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Dan untuk mengetahui seluk beluk industri ini, tentu kita bisa belajar dari Belanda yang sudah lebih dahulu maju. Negara ini memiliki semua yang dibutuhkan dalam industri ini, mulai dari pembibitan sampai pada penjualannya ke seluruh dunia. Bahkan tidak cukup hanya itu saja, negeri yang juga dikenal dengan sebutan negeri kincir angin ini, juga telah lama memasarkan produk bunganya melalui mekanisme lelang, layaknya menjual saham dengan cara dilelang atau yang sudah lebih dulu dikenal luas masyarakat Bitung, pelelangan ikan. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah floraholland. Jika kita bisa mempelajari kesuksesan negeri tersebut, bukan tidak mungkin kota Bitung suatu saat nanti selain dikenal sebagai kota yang maju industri perikanannya, tapi juga berkembang dalam industri bunga.






2 comments:

  1. nice pictures , and ggod try , polwannya cantik cantik yaa . he .he ...

    ReplyDelete
  2. nda mungkin bos,,,itu cuma coz hanny sondakh mo bekeng bagus ini kota bitung,,jadi musti pake depe bunga² sadiki hahhahhahha...salam kenal ne ungke,,,kita tinggal di perum blakang polres..:)

    ReplyDelete

Feel free to write your comments down here.
Silahkan masukan komentar Anda di sini.

…… Hi friends, welcome to Ungke’s blog! I am just an ordinary man who is proud of being Ungke and love writing anything that I like, especially related to my lovely hometown, Bitung …… Halo teman, selamat datang di Blog Ungke! Saya orang biasa yang bangga dipanggil Ungke dan senang menulis hal-hal yang menarik perhatian saya terutama yang berkaitan dengan kampung halamanku, Bitung ……